Pilkada 2020 : Strategi Jitu Mencegah Money Politik

Penulis : Afrizal, MH- Anggota Bawaslu Provinsi Jambi

PENAJAMBI.ID, – Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah sebagai tindakan kegiatan mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan Pemilu sesuai peraturan perundang-undangan.

Dalam mengawasi dengan strategi pencegahan melalui upaya mengingatkan, mencegah dini, terhadap potensi-potensi pelanggaran dalam penyelenggaraan pilkada kedepan serta mensosialisasikan akan penting peran mengawasi oleh semua pihak dan turut bertanggung jawab melapor pelanggaran pilkada.

Ada potensi masalah besar dalam penyelenggaraan pilkada yakni isu politik uang, politik uang bukan perbuatan yang dihalalkan, tetapi dapat dikategorikan tindakan kejahatan dalam pilkada karena mencerderai demokrasi, menodai kedaulatan rakyat dan memicu tindakan korup dalam penyelenggaraan pemerintah. Pelanggaran politik dapat terjadi diruang yang sunyi (tersembunyi), waktu yang terbatas masuk ketengah-tengah masyarakat dengan tidak meninggalkan jejak/bukti.

Mencermati pelanggaran dari penyelenggaraan pilkada cenderung minim pelanggaran yang dilakukan oleh Penyelenggara pilkada (KPU/KPU Prov/Kab/Kota) setalah dipermanenkannya Bawaslu.

Namun pergeseran pelanggaran masuk ketengah masyarakat mempengaruhi pemilih dengan modus-modus tertentu, salah satunya dengan pemberian uang (money politik) agar memilih calon tertentu dan sebagainya.

Oleh karenanya pekerjaan Bawaslu menjadi sulit dalam menindak pelanggaran politik uang jika peran aktif masyarakat lemah dalam melaporkan atau mencegahnya. Peran masyarakat, semua pihak termasuk civil society/akademisi/tokoh agama/masyarakat menjadi sangat strategis dalam mencegah dan menindak pelanggaran politik uang (money politik).

Setiap WNI setempat memiliki hak/legal untuk melaporkan pelanggaran pilkada. Dijelaskan afrizal, S.Pd.I., MH Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi dalam kesempatan menjadi pembicara dalam seminar Nasional yang di selenggarakan oleh Universitas Batanghari Jambi dengan tema Menuju Pilkada Jambi 2020 yang Jujur dan Adil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *